*** Si Fakir Yang Mencoba Belajar Untuk Berbagi ***

*** TERIMA KASIH atas kunjungannya & MOHON MAAF atas kekurangannya ***

Jumat, 28 Mei 2010

UNetBootIn (Universal Netboot Installer)

Aplikasi ini sangat berguna sekali apabila PC anda tidak diSupport oleh cd/dvd drive...atau cd/dvd drive laptop/komputer Anda tidak berfungsi dengan baik alias rusak, Anda bisa menggunakan unetbootin sebagai alternatifnya. Dari namanya Unetbootin ( Universal Netboot Installer ). Cara ini digunakan untuk membuat Flash Disk atau Hard Disk menjadi bootable, jadi Anda bisa menggunakan flash disk sebagai pengganti CD. Cara ini biasa digunakan jika ingin menginstall OS atau Scan Virus dari boot. ooh yach..Sebelum menggunakan Unetbootin, terlebih dahulu Anda harus mengecek PC motherboard Anda apakah BIOS support boot dari external drive seperti flash disk atau tidak. Karena kalau ga support ya percuma ga bakalan bisa.
Unetbootin bisa dijalankan di dalam OS Windows dan Linux, berikut alamat downloadnya :
* Untuk Windows : disini
* Untuk Linux       : disini


Jika anda pengguna OS Microsoft penggunaanya hanya dengan double klik file exe hasil downloadnya bisa langsung pake dech,Tapi...karena saya menggunakan OS linux Ubuntu 9.10 (karmic) dan punya sedikit connection internet maka saya gunakan cara ini, sebenernya masih ada cara lain sih,naah..kloo ini cara yang saya gunakan,terlebih dahulu harus masukkan repository dengan cara, buka commandline masukan perintah ini
sudo gedit /etc/apt/sources.list
truz... masukkan repo ini (sesuaikan dengan versi Uubntu anda gunakan):
deb http://ppa.launchpad.net/gezakovacs/ppa/ubuntu karmic main
deb-src http://ppa.launchpad.net/gezakovacs/ppa/ubuntu karmic main
lalu masukkan GPG key nya...
sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys 72D340A3
kemudian save lalu update dengan perintah ini...
sudo apt-get update
selanjutnya Install dech dengan perintah ini...
sudo apt-get install unetbootin
selesai dech installnya dan siap di gunakan...
untuk menggunakan aplikasi ini sebaiknya masukkan terlebih dahulu USB/flasdisk nya dan buckup terlebih dahulu data-data didalamnya dan format biar lebih ok..
untuk membuka aplikasi klik mainmenu --> System Tool --> UNetbootin ,masukkan pass anda, naah..muncul dech...
seperti ini tampilannya :


Dari ketiga pilihan di atas terdapat 3 opsi, yaitu :

    * Opsi pertama (Distribution), yaitu digunakan jika Anda ingin download langsung dari internet dan langsung di proses. Pertama pilih distribusinya dulu, lalu pilih versinya. Saat ini distribusi yang bisa di download langsung adalah :  Arch Linux, Backtrack, CentOS, Clone Zilla, Damn Small Linux, Debian, Dreamlinux, Dr. Web Antivirus, Elive, Fedora, FreeBSD, Frugalware, F-Secure Rescue CD, Gentoo, gNewSense, Gujin, Kaspersky Rescue Disk, Kubuntu, Linux Mint, Mandriva, MEPIS, NetBSD, NTPasswd, openSUSE, Ophcrack, Parted Magic, PCLinuxOS, Puppy Linux, Sabayon Linux, Slax, SliTaz, Smart Boot Manager, Super Grub Disk, Super Ubuntu, SystemRescueCD, Ubuntu, xPUD, Xubuntu, Zenwalk.
    * Opsi Kedua (DiskImage), yang ini Anda harus mempunyai file .iso nya, jadi Anda bisa download manual dari internet, atau membuat file iso dengan nero di komputer lain, atau minta ke teman ^^ . kloo sudah ada Anda tinggal mencari dimana file .iso itu berada / disimpan di disk anda.
    * Opsi Ketiga (Custom), ini digunakan untuk para advance, kita bisa mengatur Kernel sendiri, Initrd sendiri, dan option lainnya.

karena saya sudah mempunyai file iso ( Diskimage ) hasil downloadan maka saya memilih opsi kedua dengan cara
browse file iso open
Lalu pilih USB Drive bila Anda menggunakan Flash Disk,
atau pilih Hard Disk bila menggunakan Hard Disk.
Dan pilihlah Drive flasdisk – nya.
Setelah itu pilih OK.
Dan akan terlihat gambar seperti di bawah ini :

 Tunggulah hingga proses smua diatas selesai 100%...
Setelah selesai, restart PC Anda. Dan masuk ke BIOS PC anda, lalu di menu Boot pilihlah USB Drive sebagai Boot prioritas utama, save dan keluar.
selamat mencoba...smoga dapat membantu...
info : http://unetbootin.sourceforge.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar